Langsung ke konten utama

Mengenang Mainan Dari Bambu & Manfaat Pohon Bambu

Gambar Ilustrasi Pixabay



Sebatang bambu atau pohon bambu meski sederhana tetapi punya banyak manfaat. Nah sahabat blogger kali ini saya akan menulis kisah permainan dikampung saya sewaktu kecil, Yaitu permainan yang bahannya mengunakan bahan dari pohon bambu atau batang bambu.

Permainan tersebut adalah bletokan atau pletokan. Kalau dikampung saya dahulu umumnya orang banyak menyebutnya bletokan.



Bentuknya sederhana, Dan seperti yang ada pada gambar diatas bletokan terbuat dari batang bambu petung atau bambu china yang berwarna hijau. Meski pada umumnya membuat bletokan tak harus dari bambu berwarna hijau saja sih.

Dan tentunya sahabat blogger pasti tahu cara penggunaan dari mainan bletokan bambu tersebut. Yaitu dengan diisi sebuah buah geroaks yang bulat dan berwarna hijau, Lubang utama diisi satu buah, Dan lubang belakang satu buah pula. Sesudah itu kita tinggal menyodoknya dengan tangkai yang terbuat dari bambu yang sudah diraut.

Hingga menghasilkan suara yang nyaring layaknya sebuah suara petasan kecil. Jika ingin berbentuk unik bletokan bisa kita modif sendiri menjadi sebuah tembakan atau senjata laras panjang. Oiya selain buah geroak peluru dari beletokan bisa juga diisikan koran atau kertas basah. Koran basah atau kertas bisa kita bulatkan sesuai diameter bletokan tersebut dan suaranya pun sama nyaringnya dengan buah groaks.

Yaa meski sederhana mainan yang terbuat dari bambu sungguh indah rasanya bagi saya sewaktu kecil. Dan dahulu kala kampung saya masih asri pohon bambupun mudah ditemukan dan tumbuh subur. Berbeda dengan sekarang dikampung saya pohon bambu atau kebun bambu sudah hampir jarang ditemukan karena sudah beralih fungsi menjadi rumah dan pertokoan.

Selain bletokan banyak juga sih permainan yang bahannya menggunakan dari bambu seperti Egrang, Panah-panahan, Sumpit, Dan masih banyak lagi.

Selain bisa dibuat untuk mainan pohon bambu atau bambu juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan untuk membangun rumah, Atau dijadikan pagar, Perkakas dapur atau alat musik seperti angklung dan suling, Dan lain sebagainya.




Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Ternyata pohon bambu juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti bambu yang berwarna kuning atau bambu kuning.

Daun Bambu kuning dapat mengatasi segala jenis penyakit seperti Lever, Asam urat, Pereda batuk, Radang Paru-paru. Selain itu bambu muda atau yang disebut rebung bambu, bisa diolah menjadi makanan berupa sayur rebung bambu. Meski berserat rebung bambu juga ternyata dapat mengatasi penyakit kolestrol karena kadar air mineral yang tinggi pada rebung bambu tersebut.

Dan yang terakhir menurut mitos selain untuk obat-obatan bambu kuning juga mampu jadi penangkal untuk hal-hal Ghaib. Seperti dapat mencegah kedatangan makhluk halus, Lalu bambu ini pun dipercaya dapat menangkal serangan santet. Namun semua itu tergantung penilaian sahabat blogger masing-masing.

Komentar

  1. kalau waktu saya masih kecil, biasanya kami membuat tembak-tembakan dari bambu dan itu sangat seru sekali lho mas :D

    BalasHapus
    Balasan

    1. Iyaa mas, apapun mainannya memang serasa indah jika ingat masa kecil dengan mainan bambu.

      Hapus
    2. pernah juga tu mas saya buat kapal dari bambu dan sempat diperlombakan, sayangnya hanya juara harapan 3

      Hapus
  2. Kalau dikampung saya dulu sewaktu kecil, bambu paling sering dibuat mainan layangan dan meriam bambu kalau bulan ramadhan tiba. Ah, jadi teringat masa kecil yang penuh nostalgia.

    BalasHapus
  3. Ah jadi ingat masa kecil habis baca postingan ini. Dulu aku juga sering main bletokan, bedanya bukan pakai buah geroaks tapi pakai kertas yang sudah basah lalu dibulatkan seperti bola.😃

    BalasHapus
  4. Permainan tradisional yang sepertinya sudah dilupakan oleh anak-anak masa kini. Tapi, lain ceritanya kalau permainan tradisional dibuat game digital misalnya, pasti mereka tertarik belajar permainan tradisional yang bisa melatih sosialisasi anak-anak di dunia nyata

    BalasHapus
  5. pletokan di kampung saya dulu pelurunya dari kertas yang digumpalkan. Etapi katanya rumpun bambu bukannya justru jadi rumah kalong wewe? Kok penolak hantu?

    BalasHapus
  6. ah jadi ingat masa kecil deh. Kalau dirumah saya nama mainan tersebut biasa disebut "cettollan"

    BalasHapus
  7. Zamanku SD mainan ini juga dong. Tp disini namanya sleng dor. Wkwkwk
    Trus itu kl pelurunya mengenai kulit mayan sakit juga sih.. Tp seruuu

    BalasHapus
  8. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And earning money online using it is as simple as 1-2-3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (it ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products all by itself!

    Are you ready to start making money??

    Click here to activate the system

    BalasHapus
  9. Hahahaha aku main ini juga dulu :)

    BalasHapus
  10. permaianan bambu yang lawas hehe

    BalasHapus
  11. Setelah baca post ini jadi keingetan gimana serunya masa kanak-kanakku dulu 😁
    Banyak jenis permainan dari bambu, seperti : tembak2an (dikampungku disebutnya Tulup), mercon bumbung, gasing ...

    BalasHapus
  12. dulu kebanyakan mainan saya kayaknya dari bambu deh

    BalasHapus
  13. masa kecil saya banyak memanfaatkan bambu ut main. Termasuk membuat gubuk2an ut bermain bersama

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Gohok, Buah Yang Jarang Ada Dipasar Tradisional

Hai teman-teman blogger kali ini saya akan mengulas tentang buah Gohok atau Gowok, Bahkan ada pula yang menyebutnya buah Kupa, Yang mana yang pernah teman blogger tahu atau dengar. Sepintas kalau kita perhatikan gambarnya memang mirip dengan buah Blueberry atau buah Jamblang / duet, Tetapi sangat berbeda jauh, Kalau buah Jamblang / duet dan Blueberry mempunyai rasa manis. Tetapi buah Gohok jika masih berwarna merah kehitam-hitaman masih serasa asam. Kecuali jika semuanya sudah berwarna ungu gelap baru akan terasa manis buah Gohok tersebut. Dan buah Gohok ini juga termasuk buah yang pernah ada dikala saya masih kecil, kala itu kampung saya tangerang masih hijau dan asri. Meski sekarang semuanya sudah banyak yang berubah. Dahulu sewaktu saya kecil jika musim penghujan datang pastinya buah Gohok tumbuh lebat merekah. Jika tak ingin ribet memetiknya saya dan teman dikampung saya sering menunggu buah tersebut rontok atau berjatuhan, Biasanya ini sering saya lakukan jika pagi

Kenangan Dengan Buah Akesa Yang Hampir Langkah

Postingan kali ini saya akan menceritakan tentang buah Akesa atau Sawo mentega, Meski kalau dikampung saya didaerah Tangerang banyak orang menyebutnya dengan buah jigong, Yaa karena mungkin warnanya yang memang agak kuning tua. Dan dikampung saya di Tangerang, Buah Akesa sudah sangat langkah untuk dicari. Karena Tangerang sekarang sangat jauh berbeda dengan yang dulu. Kalau dulu dikampung saya Tangerang mencari buah Akesa sangat mudah, Karena hampir dipelosok kampung buah tersebut tumbuh dengan sendirinya. Dan sejujurnya artikel ini saya tulis hanya untuk mengenang kisah saya sewaktu kecil didaerah Tangerang yang kala itu masih Asri dengan alamnya yang sangat hijau dan subur. Meski sekarang semuanya boleh dikatakan hanya tinggal nama yang hanya untuk dikenang saja. Tangerang sekarang sudah berubah menjadi kota yang boleh dikatakan cukup padat penduduknya. Tak heran alam yang tadinya Asri kini berubah menjadi polusi yang menyesakkan. Namun apapun yang terjadi kehidupan i