Langsung ke konten utama

Buah Gohok, Buah Yang Jarang Ada Dipasar Tradisional



Hai teman-teman blogger kali ini saya akan mengulas tentang buah Gohok atau Gowok, Bahkan ada pula yang menyebutnya buah Kupa, Yang mana yang pernah teman blogger tahu atau dengar. Sepintas kalau kita perhatikan gambarnya memang mirip dengan buah Blueberry atau buah Jamblang / duet, Tetapi sangat berbeda jauh, Kalau buah Jamblang / duet dan Blueberry mempunyai rasa manis. Tetapi buah Gohok jika masih berwarna merah kehitam-hitaman masih serasa asam. Kecuali jika semuanya sudah berwarna ungu gelap baru akan terasa manis buah Gohok tersebut.

Dan buah Gohok ini juga termasuk buah yang pernah ada dikala saya masih kecil, kala itu kampung saya tangerang masih hijau dan asri. Meski sekarang semuanya sudah banyak yang berubah. Dahulu sewaktu saya kecil jika musim penghujan datang pastinya buah Gohok tumbuh lebat merekah.

Jika tak ingin ribet memetiknya saya dan teman dikampung saya sering menunggu buah tersebut rontok atau berjatuhan, Biasanya ini sering saya lakukan jika pagi hari. Karena jika ingin memetiknya boleh dikatakan cukup sulit karena bobot pohonnya yang besar serta tinggi. Tetapi kalau memetiknya dengan menggunakan gala bambu cuma sebagian yang serasa manis buahnya.

Karena biasanya buah Gohok yang serasa manis posisinya paling ujung atau berada pada ranting yang paling getas ( Mudah patah ) Sulit untuk dijangkau, Terkecuali orang dewasa. Namun semua itu serasa indah dan damai bagi saya kala itu. Hingga menjelang saya dewasa satu persatu pohon Gohok pun akhirnya banyak yang di tembang karena makin banyaknya penduduk yang berdatangan dari berbagai tempat, Pohon atau buah gohok pun lama-kelamaan sulit untuk ditemukan lagi, Kini semuanya telah berubah menjadi rumah serta pertokoan mewah.

Meski buah Gohok sekarang sudah langkah tetapi dahulu buah Gohok tak hanya buah yang bisa dimakan saja. Tetapi buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita berikut beberapa manfaat buah gohok untuk kesehatan tubuh.

--Buah Gohok dapat mengobati diare. Meski banyak tanaman herbal maupun obat yang mampu mengatasi masalah diare, tetapi kamu juga wajib mencoba buah gohok untuk mengatasi diare. Daun ini memiliki manfaat mengobati diare karena mengandung saponin.

Selain itu, buah gohok mengandung vitamin dan mineral yang ampuh membasmi bakteri akibat diare, sehingga mudah mengatasi diare dengan cepat.

--Buah Gohok dapat mencegah penuan dini. Adanya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah gohok, memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah gohok membantu mencegah penuaan dini dari sel-sel kulit yang mati akibat polusi dan radikal bebas.

--Buah gohok dapat mengobati penyakit kudis. Memang kudis tidak termasuk ke dalam golongan penyakit mematikan. Tetapi keberadaan kudis pada tubuh dapat menimbulkan rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas. Gunakan daun buah gohok untuk mengobati kudis dengan cara ditumbuk halus lalu oleskan.

--Buah Gohok dapat mencegah jerawat. Kandungan buah gohok yang kaya akan vitamin dan mineral ini sangat jarang dimanfaatkan untuk mengobati masalah jerawat. Padahal, buah gohok mampu menghalau juga mengatasi munculnya jerawat. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah gohok secara rutin juga akan menghaluskan kulit wajahmu lho, Duuh seandainya buah Gohok mudah didapatkan lagi enak yaa.

--Buah Gohok Kaya Akan Antioksidan. Buah gohok menjadi sumber antioksidan tinggi yang mampu menjaga dari radikal bebas. Antioksidan yang tinggi ini akan membantu membunuh sel-sel usang agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya.

--Buah Gohok juga dapat menstabilkan asam lambung. Meskipun rasanya asam dan sedikit sepat, tapi buah gohok aman lho untuk lambung mu. Buah ini mampu menjaga kestabilan kadar asam dalam lambung mu dan membunuh bakteri yang ada pada lambung.

--Buah Gohok dapat menghilangkan mabuk karena Alkohol. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa buah gohok memiliki senyawa saponin dan flafonoida. Senyawa tersebut berfungsi sebagai penawar dari mabuk serta mual akibat mengkonsumsi alkohol.

--Buah Gohok solusi untuk masalah pencernaan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun dan buah gowok mampu mengobati diare. Tidak hanya itu, buah gohok juga mampu mengatasi sembelit. Senyawa dalam buah gohok membantu memperlancar pencernaan akibat susah buang air besar.

--Buah Gohok mampu menghancurkan racun-racun dalam tubuh kita. Buah gohok atau buah kupa ini juga dikenal mampu membantu detoksifikasi racun yang berada di dalam tubuh. Zat-zat yang tidak baik itu masuk lewat makanan maupun minuman atau segala macam polutan selama beraktivitas. Adanya antioksidan dalam buah ini mampu mengusir radikal bebas yang ada pada tubuh.

--Buah Gohok mampu mengobati penyakit kencing manis. Kencing manis atau yang kita kenal juga dengan diabetes, banyak menyerang orang dengan gaya hidup yang tidak sehat. Kencing manis atau diabetes umumnya diawali dengan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, terlalu banyak makan makanan instan dan tinggi gula. Kandungan antioksidan dan vitamin serta mineral yang tinggi pada buah gohok dipercaya mampu mengurangi maupun mengobati diabetes.

Yaa itulah beberapa manfaat buah gohok untuk kesehatan tubuh kita, Namun karena sekarang hampir jarang buahnya terkadang buah gohok jarang pernah ada orang yang tahu, Jadi kebanyakan jikalau sekarang masih ada hanya untuk dikonsumsi secara biasa saja.



Artikel sehat oleh Tokopedia.com

Komentar

  1. Duh asing ma buah ini hehehe. Sekilas emg mirip blueberry yah

    BalasHapus
    Balasan

    1. Karena buahnya sudah agak langkah jadi banyak sebagian orang yang tak tahu bang.

      Hapus
  2. Saya sepertinya pernah denger nama buah ini deh.. Jmn sy kecil dulu pernah memakannya.. Tpi skrg udah jarang ketemu bahkan sepertinya udh ga ada lagi... Udh lumayan langka juga yaa

    BalasHapus
  3. Ternyata buah gohok banyak sekali ya manfaatnya, bisa mengobati diabetes, diare, mengatasi penuaan dini, mengatasi masalah pencernaan dan juga bisa mengobati lapar..😁

    BalasHapus
  4. Sitempatlu masih ada lho buah gowok ini, kadang pd nyebut anggur kw. Seger dimakan pas lg panas2, hihi

    BalasHapus
  5. Memang sekilas rupanya mirip sama duwet ya. Kalau yang gohok ini aku masih belum pernah menemui, kalau duwet masih pernah. Duwet pun kalau di daerahku sudah termasuk buah yang langka. Sayang banget, padahal buah-buahan yang langka ini punya banyak sekali manfaat.

    BalasHapus
  6. Ampuun sama rasa kecutnya buah ini. Tapi ngangenin rasanya...hehe. Di Desa ku buah ini namanya buah Gowok...

    BalasHapus
  7. Ya kalau di kampung halaman ku disebut gowok, bahkan halaman tanteku ditanam ini nih, pas buat rujakan asem asem kecut waktu aku masih sd dan sering bertandang ke rumah nya, main sama sepupu

    BalasHapus
  8. sekilas kyk buah anggur ya ini...

    BalasHapus
  9. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenang Mainan Dari Bambu & Manfaat Pohon Bambu

Gambar Ilustrasi Pixabay Sebatang bambu atau pohon bambu meski sederhana tetapi punya banyak manfaat. Nah sahabat blogger kali ini saya akan menulis kisah permainan dikampung saya sewaktu kecil, Yaitu permainan yang bahannya mengunakan bahan dari pohon bambu atau batang bambu. Permainan tersebut adalah bletokan atau pletokan. Kalau dikampung saya dahulu umumnya orang banyak menyebutnya bletokan. Bentuknya sederhana, Dan seperti yang ada pada gambar diatas bletokan terbuat dari batang bambu petung atau bambu china yang berwarna hijau. Meski pada umumnya membuat bletokan tak harus dari bambu berwarna hijau saja sih. Dan tentunya sahabat blogger pasti tahu cara penggunaan dari mainan bletokan bambu tersebut. Yaitu dengan diisi sebuah buah geroaks yang bulat dan berwarna hijau, Lubang utama diisi satu buah, Dan lubang belakang satu buah pula. Sesudah itu kita tinggal menyodoknya dengan tangkai yang terbuat dari bambu yang sudah diraut. Hingga menghasilkan suara yang n

Kenangan Dengan Buah Akesa Yang Hampir Langkah

Postingan kali ini saya akan menceritakan tentang buah Akesa atau Sawo mentega, Meski kalau dikampung saya didaerah Tangerang banyak orang menyebutnya dengan buah jigong, Yaa karena mungkin warnanya yang memang agak kuning tua. Dan dikampung saya di Tangerang, Buah Akesa sudah sangat langkah untuk dicari. Karena Tangerang sekarang sangat jauh berbeda dengan yang dulu. Kalau dulu dikampung saya Tangerang mencari buah Akesa sangat mudah, Karena hampir dipelosok kampung buah tersebut tumbuh dengan sendirinya. Dan sejujurnya artikel ini saya tulis hanya untuk mengenang kisah saya sewaktu kecil didaerah Tangerang yang kala itu masih Asri dengan alamnya yang sangat hijau dan subur. Meski sekarang semuanya boleh dikatakan hanya tinggal nama yang hanya untuk dikenang saja. Tangerang sekarang sudah berubah menjadi kota yang boleh dikatakan cukup padat penduduknya. Tak heran alam yang tadinya Asri kini berubah menjadi polusi yang menyesakkan. Namun apapun yang terjadi kehidupan i