Langsung ke konten utama

Buah Kesemek Atau Apel Jawa Yang Kini Hampir Punah



Buah yang akan saya ulas kali ini adalah buah Kesemek. Dulu sewaktu kecil saya sering dibelikan buah jika nenek saya pulang dari pasar. Karena tidak tahu buah apa saya sempat menyangka buah Kesemek itu buah Aple. Ternyata pas selidik punya selidik buah tersebut adalah buah kesemek.

Dulu dikampungku orang menyebutnya buah gajen, Yaa karna buah tersebut bila dijual suka dipakaikan bedak. Wueeheeheee!!.

Sebenarnya bukannya bedak itu yaa, Dan kenapa buah kesemek selalu ada bercak putih pada seluruh bagian permukaannya, Karena untuk menyiasati rasa sepat tersebut, buah kesemek dapat direndam dalam larutan air kapur selama minimal 24 jam. Larutan air kapur inilah yang dapat menghilangkan serbuk putih yang menempel pada kulit buah kesemek. Hasilnya, buah kesemek tidak lagi memiliki rasa yang sepat dan justru akan memiliki rasa yang jauh lebih enak seperti Apel Wuheeheee..

Dulu dikampung saya buah kesemek ini hampir jarang pohonnya. Dan saya tahu buah kesemek ini karena nenek saya dulu rajin membelinya untuk dikonsumsi secara pribadi. Karena yang saya tahu buah kesemek ini tumbuh subur diwilayah pulau jawa. Tidak seperti buah lainnya yang ada dikampung saya buah kesemek ini masuk katagori buah yang jarang ditemukan lagi. Bahkan dipasar tradisional serta penjual buah juga tidak pernah ada lagi.

Selain rasanya yang enak buah yang sempat mendapatkan julukan apel jawa ini ternyata mampu memberi banyak manfaat untuk kesehatan dan dibawah ini akan saya ulas manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh kita.




--Buah Kesemek mampu Menjaga daya Tahan Tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila buah ini dikosumsi secara teratur atau terus-menerus, maka akan sangat bermanfaat dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Kesemek berperan sebagai salah satu perisai untuk penyakit asma, infeksi paru-paru, dan flu.

--Buah Kesemek mampu meningkatkan dan memperbaiki Penglihatan bagi siapa pun yang mengonsumsinya karena buah kesemek banyak mengandung vitamin A. Jadi, bagi siapa saja yang memiliki gangguan mata, alangkah baiknya untuk memakan buah ini secara rutin.

--Buah Kesemek mampu mencegah penuaan dini Kandungan vitamin C dan beta karoten dalam buah kesemek mampu melindungi kulit agar tetap halus, bercahaya, dan lembut. Vitamin C mampu menghasilkan kolagen sehingga mampu menjaga keindahan kulit tetap kencang dan elastis.

--Buah Kesemek mampu melawan Kanker dan menjaga kesehatan hati, Buah ini mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah datangnya radikal bebas yang dapat merusak sel yang dapat memicu perkembangan kanker. Kandungan anti-oksidan dalam kesemek juga mampu membantu menetralisir racun yang berbahaya yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu, kesemek juga berperan dalam membantu proses penyembuhan kerusakan organ vital yang sangat penting seperti hati dan jantung.

--Buah kesemek mampu menjadi sumber energi alami dalam tubuh sangat mudah untuk dicerna sehingga mampu meningkatkan gula darah secara drastis. Jadi, buah kesemek ini sangat cocok untuk dikonsumsi setelah melakukan proses puasa atau setelah melakukan olahraga.

Namun sayangnya buah ini sekarang bisa juga dibilang punah kalau untuk dikawasan ibukota hingga pelosok kampung. Jika kita ingin mencarinya mungkin harus kepedalaman pulau jawa yang masih banyak tumbuh subur disana atau mencari bibit pohon kesemek tersebut.

Komentar


  1. Terakhir saya makan buah ini kelas 1 Smp. Dan sempat kangen karena bila yang sudah matang dan rendaman air kapurnya bagus yaa rasanya 11.12 dengan Aple Eropa..🤣🤣🤣

    Anehnya pedagang buah kenapa enggan menjualnya kembali apa karena sulit mencari buahnya.

    Seandainya ada mungkin bisa mahal sekarang ini.

    Terakhir saya lihat pohonnya waktu saya singgah didaerah pangandaran. Cuma pada waktu itu buahnya banyak yang masih mentah2.😊😊

    BalasHapus
    Balasan

    1. Mungkin karena banyak Tengkulak jadi pedagang buah agak segan jualnya. Ditambah juga buahnya yang memang sudah langkah bang Satria.

      Paling standar mungkin jual dikampung2 terdekat itupun kalau pohonnya banyak bang.

      Hapus
  2. Wah jadi ingat buah jaman dahulu kalo mampir ke blog ini.

    Iya, kesemek disini juga jarang, bukan punah sih karena aku lihat masih ada yang jual cuma jarang.

    Emang yang membedakan kesemek sama buah lainnya karena ada bedaknya ya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti tempat mas Agus pohonnya masih cukup banyak bila masih ada yang jual dipasaran atau pasar tradisional ..

      Yaa paling beda memang mas,Buah yang ada bedaknya Wuuheeehee..

      Hapus
    2. Kalo disini sih ngga ada pohonnya, tapi dipasar ada aja yang jual kalo lagi musim.

      Eh ngga tahu juga sih, pohonnya kayak apa, mungkin ada kali, cuma ngga tahu.😂

      Hapus
  3. Asli ni buah buat saya penasaran, soalnya belum pernah makannya sih :D

    BalasHapus
  4. iya, buah-buah masa kecil ini sering ambil tapi sekarang sudah sulit dicari

    BalasHapus
  5. Sudah lama banhet ga makan buah ini, sy sampe lupa rasanya.. Sudah jarang banget liat buah ini dipasar... Barangkali krn hampir punah yaaa... Sy inget nenek kalo liat buah berbedak ini 😑

    BalasHapus
  6. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 000 women and men are using a simple and SECRET "water hack" to burn 2lbs every night while they sleep.

    It is proven and works with everybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Get a clear glass and fill it up half glass

    2) And then learn this weight losing HACK

    and you'll be 2lbs lighter the next day!

    BalasHapus
  7. According to Stanford Medical, It's indeed the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh an average of 19 KG less than us.

    (Just so you know, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING around "HOW" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    Click this link to determine if this little test can help you discover your true weight loss potential

    BalasHapus
  8. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenang Mainan Dari Bambu & Manfaat Pohon Bambu

Gambar Ilustrasi Pixabay Sebatang bambu atau pohon bambu meski sederhana tetapi punya banyak manfaat. Nah sahabat blogger kali ini saya akan menulis kisah permainan dikampung saya sewaktu kecil, Yaitu permainan yang bahannya mengunakan bahan dari pohon bambu atau batang bambu. Permainan tersebut adalah bletokan atau pletokan. Kalau dikampung saya dahulu umumnya orang banyak menyebutnya bletokan. Bentuknya sederhana, Dan seperti yang ada pada gambar diatas bletokan terbuat dari batang bambu petung atau bambu china yang berwarna hijau. Meski pada umumnya membuat bletokan tak harus dari bambu berwarna hijau saja sih. Dan tentunya sahabat blogger pasti tahu cara penggunaan dari mainan bletokan bambu tersebut. Yaitu dengan diisi sebuah buah geroaks yang bulat dan berwarna hijau, Lubang utama diisi satu buah, Dan lubang belakang satu buah pula. Sesudah itu kita tinggal menyodoknya dengan tangkai yang terbuat dari bambu yang sudah diraut. Hingga menghasilkan suara yang n

Buah Gohok, Buah Yang Jarang Ada Dipasar Tradisional

Hai teman-teman blogger kali ini saya akan mengulas tentang buah Gohok atau Gowok, Bahkan ada pula yang menyebutnya buah Kupa, Yang mana yang pernah teman blogger tahu atau dengar. Sepintas kalau kita perhatikan gambarnya memang mirip dengan buah Blueberry atau buah Jamblang / duet, Tetapi sangat berbeda jauh, Kalau buah Jamblang / duet dan Blueberry mempunyai rasa manis. Tetapi buah Gohok jika masih berwarna merah kehitam-hitaman masih serasa asam. Kecuali jika semuanya sudah berwarna ungu gelap baru akan terasa manis buah Gohok tersebut. Dan buah Gohok ini juga termasuk buah yang pernah ada dikala saya masih kecil, kala itu kampung saya tangerang masih hijau dan asri. Meski sekarang semuanya sudah banyak yang berubah. Dahulu sewaktu saya kecil jika musim penghujan datang pastinya buah Gohok tumbuh lebat merekah. Jika tak ingin ribet memetiknya saya dan teman dikampung saya sering menunggu buah tersebut rontok atau berjatuhan, Biasanya ini sering saya lakukan jika pagi

Kenangan Dengan Buah Akesa Yang Hampir Langkah

Postingan kali ini saya akan menceritakan tentang buah Akesa atau Sawo mentega, Meski kalau dikampung saya didaerah Tangerang banyak orang menyebutnya dengan buah jigong, Yaa karena mungkin warnanya yang memang agak kuning tua. Dan dikampung saya di Tangerang, Buah Akesa sudah sangat langkah untuk dicari. Karena Tangerang sekarang sangat jauh berbeda dengan yang dulu. Kalau dulu dikampung saya Tangerang mencari buah Akesa sangat mudah, Karena hampir dipelosok kampung buah tersebut tumbuh dengan sendirinya. Dan sejujurnya artikel ini saya tulis hanya untuk mengenang kisah saya sewaktu kecil didaerah Tangerang yang kala itu masih Asri dengan alamnya yang sangat hijau dan subur. Meski sekarang semuanya boleh dikatakan hanya tinggal nama yang hanya untuk dikenang saja. Tangerang sekarang sudah berubah menjadi kota yang boleh dikatakan cukup padat penduduknya. Tak heran alam yang tadinya Asri kini berubah menjadi polusi yang menyesakkan. Namun apapun yang terjadi kehidupan i